Selasa, 24 Januari 2017

KF Challenge Day 6 : Satyaku Kudharmakan Dharmaku Kubaktikan



Saya anak Pramuka, Mau apa kau !

Dahulu waktu saya masih SMA, siswa yang ikut ekskul pramuka seolah dianggap kurang kerjaan. Ngapain juga ikut pramuka? Gek keren, gak asik, capek tiap hari pulang sore terus ngurus acara. Pramuka juga gak jelas kegiatannya, paskibra bukan, PA (Pecinta Alam) bukan, PMR (Palang Merah Remaja) bukan juga. Kira-kira begitulah yang mereka katakan dahulu.

Mereka tidak 100% salah kok. Anak-anak yang ikut pramuka di era saya Tidak Ada yang Keren. Saya ulangi : Tidak Ada yang Keren. Alasannya ya karena memang tidak ada yang ganteng ataupun cantik di sana. Yang ada anak-anak yang penuh komitmen, penuh semangat, penuh motivasi, dan rasa kekeluargaan yang tinggi sehingga mampu membuat saya ikut semangat dan sangat betah berada di dalamnya.

Gak Asik. Iya emang gak asik kalo pramukanya sendiri. Kalo bareng sama temen pasti asik banget kok. Baris bareng, makan koretan bareng, dibentak senior bareng waktu evaluasi, jalan-jalan bareng, dan sebagainya. Intinya, Pramuka itu asik banget dan banyak pengalamannya.

Capek. Iya memang ikut pramuka harus capek. Musti baris, push up, latihan, ngurusi kegiatan, dsb. Tapi itu tidak mengganggu saya sama sekali, Kenapa? Karena capeknya bareng, susahnya bareng, ntar pas seneng juga bareng. Keadaan itulah yang perlahan namun pasti membuat kita semakin dekat dan akhirnya saling terhubung dalam sebuah ikatan yang bernama keluarga.

Pramuka emang gak jelas kegiatannya. Tapi justru ketidak jelasan itulah yang membuat pramuka multiskill. Disuruh baris, bisa. Disuruh bangun tenda, bisa. Disuruh P3K, bisa juga. Hal inilah yang nantinya membuat Pramuka menjadi semakin menarik. Yaitu karena keanekaragaman ilmu yang dimiliki.

Dari sekian penjabaran di atas, jelas saja bahwa saya ikut Pramuka, karena memang pramuka itu sangat banyak manfaatnya. Saya tidak menyesal sama sekali ikut pramuka, malah saya ingin merasakan kembali hangat kekeluargaan yang dulu sempat kami semua rasakan saat SMA. Hmmmh ... High School Memories.

Sekian.

Kudus, Senin 23 Januari 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar